Batulicin (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berencana akan membuka rute penerbangan pesawat terbang dari Bandara Bersujud Batulicin-Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

“Wacana ini akan dilakukan untuk menopang dan mendukung pembangunan ibukota negara baru di pulau Kalimantan,’ kata Kepala Dinas Perhubungan Tanah Bumbu, Wisnu, di Batulicin, Senin.

Dia mengatakan, wacananya maskapai yang akan melayani calon penumpang dari Batulicin-Jakarta yakni Garuda Indonesia dengan jenis pesawat Jet Bombardier dengan kapasitas penumpang kurang lebih mencapai 90 orang.

Saat ini, pemerintah daerah sudah melakukan koordinasi lebih mendalam kepada pihak Garuda Inodnesia, dan kemungkinana pengoprasiannya akan dilakukan pada ahir Desember 2019.

Sedangkan untuk trip penerbangan akan dijadwalkan tiga kali dalam satu minggu, namun untuk kepastian jam keberangkatan akan disesuaikan.

Dari kedua belah pihak antara Pemerintah daerah dengan pihak mas kapai sudah menyepakati, namun yang menjadi kendala yakni terkait pengisiasan bahan bakar pesawat terbang dari Pertamina.

“Informasi terahir, pihak Garuda Indonesia sedang melakukan permohonan kepada Pertamina untuk menyelaraskan program ini, dan semoga ada persetujuan,” katanya.
Fasilitas pendukung lainnya seperti bandara yang ada di Tanah Bumbu sangat memadai sehingga sangat memingkinkan untuk pengoprasian pesawat jenis jet.

“Selain itu, pemerintah daerah wacananya juga akan membuka rute baru antara Bandara Bersujud Batulicin-Bandara Juanda Surabaya mengunakan maskapai Batavia Airlines, namun saat ini masih fokus penanganan untuk penerbangan Batulicin-jakarta,” ujarnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *