PT Batulicin Nusantara Maritim – Jenis-jenis transportasi laut yang ada di Indonesia sangat beragam. Hal ini karena kegunaan dari masing-masing alat transportasi tersebut berbeda. Namun walaupun kegunaanya berbeda semuanya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional. Macam-macam alat transportasi laut yaitu:

  • Kapal Penumpang

Kapal ini digunakan untuk mengangkut penumpang dari satu pulau ke pulau lainnya. Kapasitas kapal ini luas sehingga dapat menampung banyak penumpang.

  • Kapal Feri

Fungsinya sama seperti kapal penumpang, tetapi kapasitasnya lebih kecil dari kapal penumpang. Kapal ini juga bisa mengangkut motor, mobil, dan truk.

  • Kapal Penangkap Ikan

Kapal ini digunakan untuk menangkap ikan dalam jumlah besar. Di kapal ini ada ruangan pendingin khusus untuk menyimpan ikan agar segar sampai pelabuhan.

  • Kapal Tunda

Kapal ini bentuknya kecil tapi memiliki tenaga besar. Manfaat dari kapal ini yaitu untuk menarik kapal besar yang akan masuk atau ke luar pelabuhan.

  • Kapal Penyelamat / Lifeboat

Jenis-jenis transportasi laut berikutnya yaitu lifeboat. Kapal ini digunakan untuk membantu menyelamatkan kapal lain yang mengalami musibah sekalipun dalam cuaca buruk.

  • Kapal Tanker

Kapal tanker berbentuk besar karena digunakan untuk mengangkut minyak. Dalam mengoperasikannya kapal tersebut dikendalikan sistem komputer dan sistem navigasi berbasis satelit. Supertanker adalah salah satu jenis kapal tanker yang bisa memuat minyak satu juta barel.

  • Kapal Perang

Jenis kapal ini digunakan untuk perang dengan bentuk lebih besar daripada kapal besar lainnya. Salah satu jenis kapal perang yaitu kapal induk yang berfungsi untuk membawa armada tempur udara. Kapal ini memerlukan banyak kapal tunda saat akan berlabuh atau meninggalkan pelabuhan.

  • Kapal Barang

Kapal ini digunakan untuk mengangkut barang. Kapal tersebut bisa membawa barang ekspor atau impor. Namun banyak juga digunakan untuk angkutan barang antar pulau. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang angkutan laut atau transhipment yaitu PT. Batulicin Nusantara Maritim dengan link https://batulicinnusantaramaritim.com/.

Sebagai negara kepulauan kapal-kapal tersebut sangat bermanfaat untuk mendukung berbagai aktivitas penduduk terutama di bidang ekonomi. Itulah jenis-jenis transportasi laut yang ada di Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *