PT Batulicin Nusantara Maritim – Mengetahui jenis-jenis kapal pengangkut barang memang sangat penting karena negara kita terdiri dari 70 % lautan. Oleh karena itu, alat transportasi laut untuk angkutan barang tersebut memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Berikut ini jenis-jenis kapal pengangkut barang :

  • Kapal Tanker

Kapal ini memiliki sistem mutakhir untuk keselamatan para awaknya. Tangker digunakan untuk membawa zat cair dalam jumlah besar. Kategori kapal ini di antaranya yaitu pembawa gas alam, minyak, dan bahan kimia.

  • Kapal Ro-Ro

Kapal ini digunakan untuk membawa berbagai kendaraan yang dirancang dengan built-in yang landai. Tujuan didesain seperti itu agar memudahkan bongkar muat kargo kendaraan tersebut.

  • Kapal Kargo

Kapal ini digunakan untuk mengangkut kontainer dengan sistem containerization. Tehnik ini agar kontainer bisa dibongkar secara serentak dan kapal bisa cepat berlayar lagi.

  • Kapal Bulk Carrier

Kapal ini dirancang untuk mengangkut kargo curah seperti semen, biji-bijian, dan batu bara. Kapal Bulk Carrier mempunyai daya angkut yang ekstra besar.

  • Kapal Tongkang

Jenis-jenis kapal pengangkut barang lainnya adalah Tongkang yang berbentuk landai atau datar. Kegunaannya untuk membawa barang di sungai dan kanal barang. Kapal ini harus ditarik kapal tunda atau didorong towboats karena banyak yang tidak bisa berlayar sendiri.

  • Kapal Hopper Tongkang

Kapal ini juga termasuk non-mekanik atau tidak dapat bergerak sendiri. Kapal ini dirancang untuk mengangkut tanah, pasir, batu, dan sampah yang dibuang disungai atau laut untuk reklamasi.

  • Kapal Angkatan Berat

Kapal ini dirancang untuk memindahkan muatan yang tidak bisa dilakukan oleh kapal lain. Ada dua tipe yaitu pertama submersible yang digunakan untuk mengangkat kapal lainnya. Tipe kedua yaitu untuk menjadi media bongkar muat di pelabuhan.

  • Kapal Floating Production

Kapal ini adalah sebuah sistem tangki apung yang dipakai oleh industri minyak dan gas lepas pantai. Fungsinya untuk mengangkut seluruh minyak atau gas yang dihasilkan. Lalu zat-zat tersebut diturunkan pada kapal tanker dan diangkut melalui pipa.

PT. Batulicin Nusantara Maritim adalah salah satu perusahaan kapal pengangkut barang. Ternyata, jenis-jenis kapal pengangkut barang itu banyak sekali dan informasi lengkapnya terdapat pada link https://batulicinnusantaramaritim.com/.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *