PT Batulicin Nusantara Maritim – Aktivitas pengangkutan batubara mulai berangsur normal,seiring telah dicabutnya larangan ekspor komoditas tersebut di awal Februari 2022.

Direktur PT Batulicin Nusantara Maritim (BESS) Yuliana mengatakan, perseroan menyambut baik atas pencabutan larangan ekspor batubara, dan hal ini pastinya akan meningkatkan aktivitas pengiriman.

“Alasan ekspor batubara dibekukan sementara selama sebulan untuk menjamin ketersedian pasokan dalam negeri, hal tersebut bagi BESS tidak terdampak secara hukum, keuangan selama dibekukan aktivitas ekspor,” ucap Yuliana, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya, pemerintah harus mengatur ritme pengangkutan batubara ke luar negeri, karena adanya izin ekspor kembali membuat aktivitas pengiriman menjadi numpuk setelah satu bulan dilarang.

“BESS terus bertransformasi dengan adanya proses penambahan kapal-kapal baru dan penataan manajemen yang lebih baik kedepannya, untuk menunjang setiap aktivitas usaha serta memberikan nilai tambah, bukan hanya untuk perusahaan akan tetapi dapat juga berkontribusi untuk bangsa dan negara,” tutur Yuliana.
Diketahui, meski pemerintah telah membuka ekspor batubara, namun hal ini tidak berlaku bagi perusahaan yang belum memenuhi kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.