PT Batulicin Nusantara Maritim – Reklamasi yang dilakukan setelah kegiatan pertambangan ini merupakan salah satu rangkaian wajib di pertambangan. Hal ini telah diatur dalam permen ESDM RI nomor 26 tahun 2018. Reklamasi adalah kegiatan yang harus dilakukan dan masuk kepada tahapan dalam usaha pertambangan yang bertujuan untuk memulihkan, menata, dan memperbaiki lingkungan serta ekosistemnya sehingga dapat berfungsi dengan baik sesuai peruntukannya.

Sedangkan pengertian pasca tambang merupakan kegiatan yang telah terstruktur dan berlanjut setelah melakukan kegiatan usaha dalam pemulihan fungsi lingkungan alam. Kegiatan ini memiliki Fokus utama yaitu sebagai keberlanjutan sosial setelah penutupan tambang, sehingga perlu adanya kegiatan yang memiliki wawasan tentang lingkungan.

Adapun upaya yang dilakukan selama kegiatan reklamasi lingkungan ini berlangsung yaitu

Bersinergi dengan Alam

Kombinasi antara kekuatan alam dengan upaya yang dilakukan manusia ini akan menjadi Sinergi yang kuat dalam pemulihan alam setelah kegiatan pertambangan. Lahan tambang ini ialah kawasan hutan yang berupa bentuk pinjam pakai yang menjadi alasan dasar dari konsep tersebut.

Lahan yang mengalami kehilangan material dapat diolah agar dapat memperbaiki kualitas tanah pasca tambang. Dalam melakukan bersinergi dengan alam ini bisa dengan penanaman buah-buahan yang bertujuan agar mengundang kelelawar yang yang diharapkan mampu membawa benih-benih dari hutan yang kemudian dapat tumbuh di daerah bekas tambang.

Menggunakan Mikoorganisme

Fungi atau jamur ini merupakan salah satu mikroorganisme yang mendasari dalam ekosistem tanah yang dapat difungsikan untuk memperbaiki lahan. Upaya reklamasi menggunakan Mikoorganisme ini merupakan salah satu upaya yang mudah diterapkan.

Tempat Wisata

Bekas tambang ini dapat digunakan sebagai wisata yang menarik dan juga dapat digunakan sebagai edukatif dalam memberikan wawasan terkait pertambangan bagi pengunjungnya. Contohnya adalah kolam ikan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan selain itu juga terdapat Wahana olahraga air.

Fitoremediasi

Fitoremediasi merupakan upaya memperbaiki keseimbangan lahan yang dilakukan dengan tanaman berklorofil. Fitoremediasi ini difungsikan agar dapat menyerap kandungan polutan yang terdapat dalam tanah dan juga air yang diserap melalui tanaman berklorofil.

Demikian upaya reklamasi yang dapat dilakukan dengan tujuan memperbaiki tanah pasca tambang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *