PT Batulicin Nusantara Maritim – Indonesia yang terdiri dari beribu pulau yang di dalamnya terdapat sungai. Ukuran sungai di Indonesia cukup dalam dan luas sehingga bisa dilewati kapal dalam berbagai ukuran. Salah satunya kapal yang digunakan untuk membawa batubara dari daerah tambang di pulau Sumatera dan Kalimantan. Ada beberapa jenis kapal yang digunakan untuk membawanya. Masing-masing digunakan untuk kedalaman air yang berbeda.

Ini beberapa pilihan kapal yang ada.

  • Kapal Tongkang

Kapal berukuran kecil ini menjadi transportasi utama yang digunakan di banyak tempat di Indonesia. Bentuknya sangat sederhana sebuah kapal yang hanya terdiri dari lambung kapal dengan ukuran luas.

Kapal ini khusus untuk mengangkut muatan barang hasil tambang dan hasil hutan. Kekurangan kapal ini tidak dilengkapi mesin. Sehingga membutuhkan bantuan untuk mengerakkan Transportasi Batubara ini.

  • Kapal Tunda

Kapal yang satu ini tidak digunakan untuk mengangkut muatan. Fungsi dari kapal yang satu ini adalah menjadi mesin pendorong untuk jenis kapal pengangkut lainnya. Kapal ini berukuran sedang tetapi dapat bergerak lincah.

Kapal ini juga mampu mendorong kapal pengangkut utama jika mengalami kerusakan di sungai maupun di laut lepas. Perusahaan pengangkut batubara biasanya memiliki beberapa kapal jenis ini mengingat tugasnya sangat penting agar pengiriman tepat waktu.

  • Kapal cargo curah

Kapal ini berukuran besar dan mampu menampung hasil tambang yang akan dikirim tanpa perlu dikemas. Pada bagian dalam body kapal sengaja dibuat tempat kosong sehingga mampu menampung muatan dalam jumlah besar saat menjadi alat Transportasi Batubara.

Kapal ini bisa melewati sungai dengan ukuran besar dan laut lepas sehingga dapat digunakan untuk membawa muatan jarak jauh. Kadang kapal ini menerima muatan dari beberapa kapal tongkang.

Kapal ini menjadi pengangkut lanjutan dari beberapa kapal tongkang yang membawa hasil tambang batubara melalui pelabuhan kecil. Hasil tambang yang akan dikirim ke pabrik yang akan mengolah hasil tambang.

Anda yang ingin bergerak dibidang tambang batubara sebaiknya mengetahui Transportasi Batubara yang akan digunakan. Selanjutnya anda bisa memilih perusahaan yang menyediakan angkutan yang dibutuhkan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *