PT Batulicin Nusantara Maritim – Pada saat jalur transportasi berperan sebagai distribusi barang, jalur laut pun banyak digunakan. Ada jenis kapal yang digunakan sebagai alat transportasi terutama untuk pengangkutan barang, terutama bahan tambang. Sehingga dalam proses produksi bisa menghasilkan kecepatan dan kemudahan pendistribusian ke tempat lainnya. inilah beberapa kapal yang biasa digunakan.

1. Kapal Tangker Minyak

Kappa tangker minyak ini bentuknya berupa kappa besar dilengkapi dengan tangki-tangki sebagai tempat untuk minya. Tentunya kapasitas penyimpanan tangki ini sangat banyak untuk menampung bahan seperti minyak mentah atau minyak jadi.

Biasanya kapal tangker minyak ini juga didesai sebagai kapal yang kokoh dengan kualitas anti bocor. Agar minyak tidak tumpah ke laut atau bocor mencemari lautan. Sehingga bahan pembuatan kapal tangker minyak harus berkualitas, kuat serta kokoh.

2. Kapal Pengangkut Barang Berat

Selanjutnya jenis kapal lainnya yaitu kapal pengangkut barang berat yang begitu besar dan sangat kokoh. Kapal ini bahkan mampu memuat kapal lainnya, jadi secara ukuran memang sangat besar dan tidak ada batas tepi. Fungsinya memmudahkan dalam pengangkutan barang yang bisa dilakukan di berbagai sisi.

Jika melihat kapal pengangkut barang ini, biasanya digunakan oleh perusahaan pertambangan yang memang membutuhkan alat transportasi yang besar. Selain itu, segala barang yang berukuran sangat berat memang mampu dibawa oleh kapal pengangkut ini dan bisa menjangkau dengan rute laut.

3. Tongkang

Sebenarnya tongkang ini bukan jenis kapal, akan tetapi karena Tongkang menjadi bagian dari gandengan kapal, maka ikut tersebut juga. Tongkang ini memang mengandalkan tugboat pada kapal. Tongkang memang tidak memiliki mesin akan tetapi fungsinya sangat besar dalam menampung barang.

Sehingga tongkang  tetap menjadi bagian dari kapal dan bisa membantu untuk penambahan muatan saat mengangkut barang. Bahkan untuk mencakup aliran sungai ini biasanya Tongkang akan digunakan dengan tugboat sebagai pengendali.

Itulah beberapa jenis kapal yang biasa digunakan dalam transportasi laut oleh perusahaan dalam pengiriman barang. Sehingga proses produksi apapun yang ada bisa berjalan dengan baik dan bisa terdistribusikan lebih baik lagi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *