PT Batulicin Nusantara Maritim – Perusahaan Batulicin saat ini memiliki tiga jenis kapal yang beroperasi. Diantaranya adalah kapal tongkang, kapal tunda, dan kapal LCT. Ketiga jenis kapal tersebut pada dasarnya digunakan untuk pengangkutan batubara. Jika kapal tongkang dan kapal tunda Sudha begitu akrab sebagai transportasi angkutan batubara. Lain halnya dengan kapal LCT. Kapal LCT merupakan singkatan dari Landing Craft Tank. Desain kapal LCT mirip dengan kapal feri dengan dilengkapi dengan mesin kapal yang bertenaga. Kinerja kapal LCT (Landing Craft Tank) dalam pengangkutan batubara sudah tidak diragukan lagi.

Berawal dari Fungsi Kapal Sebagai Media Perang

Dahulu kapal LCT banyak digunakan sebagai tansportasi untuk membantu kegiatan perang. Seperti mendaratkan pesawat, membawa tank, ataupun beberapa material berat lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, fungsi kapal ini pun mulai dialihkan untuk mengangkut material berat seperti bahan tambang, bahan konstruksi, kargo, dan lainnya. PT BNM juga telah memodifikasi kapal LCT sehingga dapat digunakan untuk pengangkutan batubara dan bahan berat lainnya secara optimal.

Fasilitas Kapal Lengkap

Kapal LCT termasuk jenis kapal yang memilih harga yang terjangkau. Namun dibalik harga yang murah tersebut tersimpan manfaat yang besar. Tidak hanya memiliki keunggulan dalam memberikan kapasitas muatan. Namun juga menyediakan fasilitas kapal yang lengkap. Seperti ketersediaan mesin pengangkutan bulldozer, fasilitas heavy cargo. Dump truck. exvacator, loader, dan berbagai fasilitas lainnya.

Cocok Untuk Pelabuhan Kecil

Kapal LCT dapat menjadi pilihan tepat bagi perusahaan tambang yang ingin menyalurkan bahan tambang pada daerah pelabuhan yang kecil. Hal ini tentu akan sulit untuk dilakukan jika menggunakan kapal tongkang. Itulah kenapa kapal LCT lebih banyak dipilih untuk pengangkutan batubara pada daerah pelabuhan yang terpencil.

Kapal ini juga didesain dengan badan yang dapat bekerja secara maksimal pada lautan dangkal. Hal ini membuat kegiatan pelayaran jauh lebih leluasa untuk dilakukan. Terlebih untuk struktur geografis indonesia yang terdiri dari banyak pulau. Tentunya keberadaan kapal LCT akan sangat memabantu untuk menyalurkan kebutuhan batubara diberbagai tempat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.