PT Batulicin Nusantara Maritim – Kapal LCT (Landing Craft Tank) merupakan jenis kapal yang memiliki fungsi sebagai angkutan laut atau perairan yang dangkal. Kapal ini juga merupakan jenis kapal yang digunakan untuk perang  dan kapal ini terkadang difungsikan sebagai Kapal untuk pengiriman antar lokasi atau antarpulau yang bermuatan barang-barang yang berukuran besar atau pengiriman alat berat.

Kapal ini juga dikatakan sebagai Kapal sejenis dengan kapal feri namun perbedaannya kapal ini kapal yang memiliki tenaga lebih atau  lebih kuat daripada kapal feri. Pada mulanya sejarah kapal ini merupakan jenis kapal laut yang hanya dirancang dan digunakan untuk keperluan pada saat militer pasukan sekutu yang mengalami kekalahan besar.

Kemudian Perdana Menteri Inggris pada saat itu  memberikan usul agar merancang dan menciptakan kapal ini dengan tujuan mendaratkan mesin-mesin perang di wilayah Eropa. Pada saat ini kapal ini difungsikan untuk mengangkat cargo yang berisi alat-alat berat ataupun bahan konstruksi. Kapal ini juga digunakan sebagai alternatif pengangkut batubara.

Dengan menggunakan kapal ini maka alat berat atau bahan-bahan yang diangkut dapat masuk ke daerah terpencil yang Bahkan sulit dijangkau hanya dengan menggunakan kapal biasa. Adapun keunggulan kapal LCT yang digunakan sebagai alternatif pengangkut batu bara yaitu :

Kapal  ini mempunyai tempat  yang rata dan juga luas

Sehingga tepat digunakan sebagai pengangkut alat berat maupun pengangkut batubara. Kapal ini juga dapat digunakan sebagai pembersih atau penyapu ranjau ranjau.

Kapal ini digunakan sebagai alternatif alat transportasi pertambangan dan proyek-proyek konstruksi.

Lebih efesien

Kapal LCT ini juga lebih efisien dibandingkan dengan kapal Tongkang apabila mengangkut barang atau batubara ke daerah-daerah pertambangan termasuk daerah yang terletak di pulau terpencil.

Sebab kapal ini ini tidak perlu adanya pelabuhan besar yang digunakan untuk mendaratkan barang yang sedang diangkut oleh kapal.

Hal ini dikarenakan kapal ini dapat melakukan penurunan muatan di area mana saja.

Transportasi pengangkut bermuatan berat

Kapal ini  juga dapat digunakan sebagai pengangkut bulldozer, dam truk,  heavy cargo, ekskavator dan alat-alat berat lain.

Kapal ini tergolong ke dalam kapal yang relatif murah, namun meskipun murah kapal LCT memiliki banyak manfaat yang digunakan untuk penyebrangan atau bisnis pengangkutan batubara.

Jadi dapat dikatakan kapal LCT ini digunakan sebagai tujuan komersial.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *