PT Batulicin Nusantara Maritim – 3 fungsi Kapal Tug Boat pada transportasi batu bara sangat berguna dan begitu penting pada peran pengangkutan. Tidak hanya untuk mengangkut batu bara saja, melainkan ada beberapa fungsi lainnya yang bisa dikendalikan. Untuk bisa semakin memahami kapal jenis Tug Boat ini, maka inilah fungsi lainnya.

1.Menarik Juga Mendorong Kapal-Kapal

Kapal Tug Boat dianggap sebagai kapal yang akan menentukan arah kapal lainnya. Maka dalam hal ini kapal Tug Boat akan melakukan dorongan kepada kapal-kapal yang ada di sekitarnya. Dimana kapal yang ada tersebut harus dibantu untuk bersandar dan berada di pinggiran dermaga.

Itulah kenapa kapal jenis Tug Boat ini hadir sebagai salah satu solusi untuk bisa menghadirkan fungsi terbaik yang ada. Kapal Tug Boat ini juga akan membantu untuk memindahkan bangunan pada lepas pantai di dermaga. Jadi pekerjaan angkutan via laut akan lebih efektif.

2.Membantu Terlaksananya Mooring dan Unmooring

Fungsi kapal Tug Boat sebagai pemandu kapal lainnya juga untuk memastikan terlaksananya mooring dan umooring. Hal ini penting dilakukan ketika terjadi proses pengangkutan batu bara yang ada di dermaga. Kehadiran Tug Boat akan memudahkan pemindahan tersebut dengan lebih mudah.

Biasanya kapal besar tidak akan mudah untuk bersandar atau lepas dari dermaga. Maka proses dari mooring serta unmooring ini akan dilakukan oleh kapal Tug Boat tersebut. Jadi akan mendapatkan kemudahan dalam prosesnya untuk memudahan kapal lainnya dalam pengangkutan.

3.Menanggulangi Kejadian Minyak Tumpah

Keberadaan Tug Boat tak hanya sebagai kapal pengangkut saja, melainkan juga bisa untuk menanggulangi kejadian Minyak Tumpah. Dimana proses yang terjadi tersebut bisa saja meluas di area dermaga dan sekitarnya.

Adanya bekal pompa air yang terdapat pada Tug Boat inilah yang akan membantu mempercepat terjadinya kebakaran. Bahkan bisa bekerjasama dengan unit kapal penanggulangan minyak tumpah dan kebakaran untuk menyelesaikan masalah.

Itulah beberapa fungsi kapal Tug Boat yang tampak penting dalam proses pengangkutan. Tak hanya sebagai alat angkut saja ternyata tug Boat punya fungsi yang istimewa lainnya. Jadi selanjutnya akan membuka jalan kepada kapal besar lainnya dengan mudah untuk berada atau lepas di dermaga dengan Tug Boat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *