PT Batulicin Nusantara Maritim – Kapal merupakan salah satu moda transportasi yang penting di Indonesia. Dengan kondisi geografis indonesia yang berbentuk negara kepulauan. Tentunya untuk berpindah dari satu pulau kepulau lain harus melewati jalur laut. Bagi manusia mungkin dapat menggunakan pesawat untuk berpindah. Namun untuk material berat dan banyak tentu membutuhkan moda transportasi seperti kapal. Di Indonesia jasa transportasi laut dan sungai cukup banyak.

Salah satunya adalah perusahaan Batulicin Nusantara Maritim yang bergerak dalam bidang jasa pengangkutan batubara. Batubara merupakan hasil alam Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi. Kebutuhan industri akan batubara juga meningkat. Sedangkan ketersediaan batubara disetiap pulau berbeda. Sehingga tidak jarang batubara harus dikirimkan kepulau lain untuk memenuhi kebutuhan. Nah, kali ini mari kita mengenal jasa transportasi laut dan sungai untuk batubara.

Memiliki Ragam Jenis Kapal Angkutan

Umumnya untuk pengangkutan batubara terdapat dua jenis kapal yang dapat digunakan, yaitu kapal tongkang dan kapal LCT. Kapal tongkang lebih sering digunakan untuk menyalurkan batubara karena meiliki jumlah muatan yang besar. Sedangkan kapal LCT banyak digunakan untuk menyalurkan batubara pada pelabuhan yang terpencil. Hal tersebut karena kapal LCT memiliki mesin penggerak sendiri. Sedangkan untuk kapal tongkang membutuhkan kapal penarik untuk berpindah sehingga tidak cocok untuk rute perjalanan yang panjang dan medan yang sulit.

Kapasitas Pengangkutan Berbeda

Dalam industri perkapalan, kapasitas muatan merupakan prioritas penting untuk menjaga keselamatan kapal. Setiap jenis kapal memiliki kapasitas muatan yang berbeda. Jika untuk transportasi air untuk jalur sungai biasanya digunakan kapal LCT untuk mengirimkan batubara.

Hal tersebut karena kapal LCT memiliki desain yang kecil sehingga dapat digunakan pada peraiaran yang terpencil. Desain yang dibuat dengan sedemikian rupa pada kapal LCT juga cocok digunakan untuk berlayar pada air dangkal.

Memiliki Pelabuhan Khusus Batubara

Untuk kegiatan transhipment batubara tidak dapat dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak dalam jasa pengangkutan batubara harus lebih dulu mengetahui dimana saja pelabuhan batubara. Karena pada dasarnya untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat dibutuhkan fasilitas pelabuhan yang memadai. Hal tersebut berguna untuk mengurangi kemungkinan polusi air yang disebabkan oleh tumpahan batubara kelaut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *